Home » Blog » AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

AKUNTANSI PERUSAHAAN DAGANG

  • adminweb 

Untuk memudahkan anda dalam mempelajari modul siklus akuntansi perusahaan dagang ini, diperlukan persyaratan awal yang harus anda dipenuhi, yaitu: ? Anda telah dapat menerapkan konsep double entry recording dan menyusun laporan keuangan, ? Anda telah dapat mengerjakan prosedur pencatatan dalam siklus akuntansi untuk perusahaan jasa, ? Anda telah dapat mengerjakan prosedur pengikhtisaran dan pelaporan dalam siklus akuntansi perusahaan jasa.

Perusahaan dagang adalah perusahaan yang kegiatan pokoknya membeli barang (komoditi) dengan tujuan untuk dijual kembali tanpa merubah sifat dan bentuknya. Pengertian di atas menunjukkan bahwa ciri khas perusahaan dagang berbeda dengan perusahaan jasa yang telah dikenal sebelumnya. Perbedaan tersebut terletak pada kegiatan perusahaan dagang yang meliputi pembelian barang dagangan, menyimpannya sementara dan kemudian menjual persediaan barang dagangannya kepada pelanggan untuk memperoleh uang kas, selanjutnya menggunakan uang kas untuk membeli persediaan lagi.

Perusahaan dagang berbeda dengan perusahaan jasa yang telah dikenal sebelumnya dalam hal kegiatan utama perusahaan. Perbedaan tersebut terletak pada kegiatan perusahaan dagang yang meliputi pembelian barang dagangan, menyimpannya sementara dan kemudian menjual persediaan barang dagangannya kepada pelanggan untuk memperoleh uang kas, selanjutnya menggunakan uang kas untuk membeli persediaan lagi. Oleh karena itu akun pembelian, retur pembelian dan potongan harga, potongan pembelian, penjualan, retur penjualan dan potongan harga, potongan penjualan, ongkos angkut merupakan akun-akun yang sering terdapat dalam perusahaan dagang. 

Tinggalkan Balasan